Laman

5 April 2012

Rahasia Keajaiban Dunia 1


1.       Paricutin ( Gunung Dadakan )
Paricutin adalah gunung berapi yang ada di Negara bagian Michiocan-Meksiko,yakni di dekay desa Paricutin. Pada tahun 1943 terjadi getaran dalam tanah yang mengakibatkan suara seperti Guntur,letusan kecil dan retakan tanah. Retakan tersebut menjadi gunung setinggi 50 meter dan 3 bulan kemudian gunung itu meletus. Setahun berselang gunung itu sudah setinggi 336 meter dan masih menimbulkan letusan kecil selama 8 tahun. Pada tahun 1952,Gunung Paricutin mencapai 424 meter dan tidak lagi meletus maupun bertumbuh. Paricutin adalah gunung berapi monogenetik,yang berarti tidak akan meletus lagi.

2.       Krakatau ( Gunung yang Mempunyai Anak )
Krakatau adalah gunung berapi aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera. Gunung ini  meletus pada tanggal 26 Agustus 1883,letusannya sangat dahsyat dan mengakibatkan tsunami. Suara letusan Gunung Krakatau terdengar sampai sejauh 5.000 km,daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali dari bom atomyang meledak di Hiroshima dan Nagasaki. Sebelum meletus,Krakatau adalah pulau yang terbentuk dari 3 gunung berapi yaitu Rakata,Perbuatan,dan Danan. Setelah meletus,gunung Perbuatan dan Danan lenyap. Letusan itu menyisakan 3 pulau yang di beri nama Pulau Sertung,Krakatau besar,dan Krakatau kecil. Pada Desember 1927,muncul semburan baru diantara 3 pulau tersebut,gunung berapi baru tersebut dinamai Gunung Anak Krakatau.





3.       Everest ( Pencakar Langit )
Gunung Everest terletak di pegunungan Himalaya,di perbatasan Nepal dan Tibet. Penduduk Tibet menyebut gunung ini dengan sebutan Dewi Bumi,sedangkan dalam bahasa Nepal,gunung ini berarti dewi atau kepala langit. Pada tanggal 29 Mei 1953,Sir Edmund Hillary dari New Zealand dan Tenzing Norgay,seorang penduduk asli Nepal,menjadi orang pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Beberapa penduduk asli mengaku adanya mahkluk yang mereka sebut Yeti atau manusia salju yang hidup di sekitar Gunung Everest.

sumber : buku rahasia keajaiban dunia

0 komentar:

Posting Komentar